Halaman

Cara Merawat Rambut Kering

Cara merawat rambut kering untuk mengurangi kondisi kering pada rambut dan Cara merawat rambut kering dengan melakukan perawatan rambut yang sederhan namun dapat membuat rambut kering menjadi dapat sehat kembali. Keringnya rambut adalah tanda bahwa rambut anda termasuk dalam keadaan rambut yang tidak sehat, hal ini tentu di sebabkan karna kurangnya asupan nutrisi pada rambut. Keadaan seperti mestinya hendak cepat di atasi agar tidak terjadi kerusakan rambut yang lebih parah lagi. jika di biarkan maka rambut anda dapat mudah rontok dan membuat kepala anda botak. dan tentunya ini bukanlah hal yang di inginkan, berikut adalah cara merawat rambut kering yang dapat dengan mudah dilakukan.


Cara merawat rambut yang tidak benar atau salah mestinya anda kurangi sejak dini bahkan lebih baik anda hentikan saat ini juga. dalam cara mengatasi masalah rambut tentunya harus sesuai dengan permasalahan yang anda miliki, seperti cara merawat rambut kering sudah tentu berbeda dengan cara mengatasi masalah rambut yang lain seperti rambut berminyak, rambut rontak dll, karena penyebabnya pun berbeda-beda.

Ada beberapa faktor  yang dapat membuat rambut anda kering dari kurangnya nutrisi, pancaran langsung sinar matahari dan yang lain diantaranya berperan dalam halol yang menyebabkan rambut anda menjadi kering. dan berikut adalah hal-hal yang dapat menyebabkan rambut menjadi kering.

Hal-hal penyebab rambut kering.
-Sengatan langsung pancaran sinar matahari
-Penggunaan zat kimia yang biasa di pewarna rambut
-Efek burukklorin pada air yang anda gunakan
-Perawatan rambut yang tidak benar
-Shampo yang tidak cocok dengan rambut anda

Cara Merawat Rambut Kering
 -   Jangan menggunakan shampo secara berlebih
    Penggunaan shampo saat keramas merupakan penyebab utama rambut menjadi kering. Tentu tidak masalah jika memakai shampo 2 – 3 hari sekali namun, jika anda keramas dengan shampo setiap hari justru bisa menghilangkan minyak alami.

    Tidak benar juga bila anda memakai shampo 1 bulan sekali. Cara merawat rambut kering yang benar adalah keramas dengan shampo paling tidak 3 hari sekali untuk merangsang kelenjar minyak pada kulit kepala.

 -   Sayangi rambut kering anda
    Jenis rambut kering lebih mudah patah, bercabang atau mengembang. Cara merawat rambut kering harus lembut saat keramas maupun memijat kulit kepala. Hindari menggosok kulit kepala dengan kuku jari atau pun menarik dengan keras. Ini bertujuan untuk menghindari patah serta mencegah iritasi kulit kepala.

 -   Tips menyisir rambut yang benar
    Tahukah anda, menyisir rambut saat basah bisa menyebabkan kerontokan rambut? Kondisi rambut yang masih basah bila langsung disisir akan mudah rapuh dan patah. Tunggu sampai kering atau bisa memakai handuk untuk mengusap rambut secara perlahan. Pilihlah juga sisir yang lembut, terutama yang memiliki karet di ujung-ujung anak sisirnya.

 -   Memilih kondisioner yang cocok
    Cara merawat rambut kering menggunakan kondisioner adalah memilih kondisioner rambut yang tidak mengandung alkohol. Karena kandungan alkohol dapat membuat rambut semakin kering dan mengembang.

 -   Biarkan terurai saat tidur
    Jika anda suka memakai pengikat atau pun bando, lepaskan saat akan tidur. Tujuannya untuk membuat rambut terurai sehingga mencegah mengembang selain itu juga membuat akar rambut bebas bernafas.

 -   Manfaatkan khasiat alami jeruk nipis
    Buah jeruk nipis berguna untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit kepala serta membuat rambut sehat berkilau. Tips cara merawat rambut kering memakai jeruk nipis cukup memijat kulit kepala secara perlahan dengan air perasan jeruk nipis. Tunggu 30 menit kemudian keramas dengan air bersih.

 -   Perhatikan alat penata rambut
    Anda bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut namun atur hair dryer dalam panas kecil lalu hindari menarik atau meregang rambut saat terkena panas. Cara ini bertujuan mencegah rambut mengembang dan bercabang.